Monday, September 03, 2012

Kuil dari Jutaan Botol: Wat Pa Maha Kaew


Botol bir disusun sedemikian rupa hingga membentuk satu bangunan kuil yang utuh. Mulai dari pagar, hingga interior dalam kuil semua terbuat dari botol bir aneka warna.
Kalau dihitung ada sekitar 1,5 juta botol memenuhi kuil ini. Karena banyaknya botol bir, kuil ini disebut juga sebagai kuil jutaan botol.


Tidak percaya? Coba saja langsung masuk ke dalam kuil. Anda bisa melihat seluruh ruangan asli terbuat dari tumpukan botol bir. Dari ruang ibadah, dinding, menara air, tempat tidur, hingga toilet semua terbuat dari botol.


Usut boleh usut, ternyata jutaan botol ini terkumpul sejak tahun 1984, seperti yang ditulis situs Altas Obscura. Saat itu, sekelompok biksu berniat membuat bangunan dari botol bir yang telah dibersihkan.
Hasilnya? Sebuah kuil cantik berbahan dasar bir sukses terbentuk indah. Bahkan, bangunan ini lengkap sampai bagian dalam. Unik!







Kini, Wat Lan Kuad dikunjungi tidak hanya sebagai tempat ibadah, tetapi juga sebagai tempat wisata yang menarik. Banyak pelancong yang datang hanya untuk menjadi saksi keunikan kuil di Thailand ini. (sumber)

No comments: