Friday, July 27, 2018

Sejarah Bendera Singapura

bendera singapura, sejarah singapura, asal-usul singapura, negeri singa putih
Bendera Singapura




Bagaimana asal-sul Bendera Singapura yang hampir mirip dengan bendera Indonesia, namun dilengkapi bulan sabit dan bintang? Begini ceritanya.


Ya. Bendera Singapura memang merah dan putih sebagaimana bendera Indonesia. Namun pada bagian warna merah yang di atas, ada gambar bulan sabit dan 5 bintang yang disusun secara bulat. Apa artinya?
Warna merah artinya persaudaraan dan kesamaan kedudukan dengan sesama manusia.
Warna putih artinya kesucian dan kebaikan.
Bulan Sabit artinya negara yang usianya muda namun maju.
Lima bintang artinya lima prinsip yang dipegang oleh Singapura, yakni: demokrasi, keamanan, kemajuan, keadilan, dan kesamaan.

Bagaimana sejarah penentuan bendera tersebut?
Bendera Singapura dibuat atas kompromi atau kesepakatan rakyat mayoritas yakni ras Melayu dan beragama Islam. Maka, sebenarnya bendera Malaysia memiliki makna atau arti lain dari yang tertera di atas,yakni :
Bulan Sabit merupakan lambang kejayaan Islam
Bintang lima yang disusun bulat melambangkan rukun Islam yang dijunjung tinggi oleh umat Islam.

Pada bulan Agustus, Bendera Singapura berkibar selama satu bulan untuk merayakan hari kebangsaan.

Bendera ini pertama kali diperkenalkan pada 3 Desember 1959 saat Encik Yusof bin Ishak menjadi Yang Dipertuan Negara yang pertama di Singapura. Pencipta bendera Singapura adalah Komite yang diketuai Wakil Perdana Menteri yakni Dr Toh Chin Chye. Bendera ini menggantikan Union Jack yang telah ada di Singapura sejak 140 tahun. Sejak Singapura merdeka dari Malaysia 9 Agustus 1965, bendera ini dipakai.

No comments: