Friday, January 22, 2010

Gereja di Bantul Berbentuk Candi

Agama seringkali harus melebur dengan budaya suatu daerah, di mana agama tersebut berkembang, bila ingin diterima. Di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, misalnya, terdapat sebuah gereja berbentuk candi. Jika dilihat sepintas, orang akan mengira bangunan tersebut adalah candi bagi umat beragama Hindu. Namun jangan salah, bangunan tersebut adalah gapura sebuah gereja bernama Hati Kudus Tuhan Yesus.

Nuansa agama Katolik terasa di berbagai tempat. Seperti salib yang terlihat di atas candi. Di sekitar candi juga terdapat kompleks gereja yang dibangun pada 1924 oleh Schmutzer bersaudara, pengelola Pabrik Gula Gondang Lipura.

Setelah warga sekitar semakin banyak yang menganut agama Katolik, gereja semakin berkembang dan disesuaikan dengan budaya setempat. Kompleks gereja candi Hati Kudus Tuhan Yesus dilengkapi sumber air yang disebut Tirta Perwitasari. Air tersebut diyakini memiliki khasiat tertentu.

Sayangnya, akibat bencana gempa bumi berkekuatan 5,9 skala Richter selama hampir satu menit pada 27 Mei 2006, bangunan asli gereja Katolik pertama di Bantul, Yogyakarta, itu sempat rusak. Kini para jemaat menggunakan bangunan sementara sambil menunggu didirikannya gedung yang baru.

dirangkum dari: liputan6.com ; foto: liputan6.com

No comments: