Uang dari Ngeklik

Jumat, Januari 22, 2010

Kisah Mbah Bolong (Mbah Sonhaji), Murid Sunan Ampel yang Tinggi Ilmu

Selain Mbah Soleh yang memiliki kisah fantastis (kisah Mbah Soleh baca di sini), murid Sunan Ampel ada juga yang memiliki kisah yang juga ajaib. Namanya Mbah Sonhaji. Namun, ia sering pula disebut Mbah Bolong. Makamnya ada di depan Masjid Agung Sunan Ampel. Kenapa Mbah Sonhaji disebut Mbah Bolong? Begini ceritanya.

Sewaktu pembangunan Masjid Sunan Ampel, Sonhaji diserahi Sunan Ampel untuk memegang peran sangat penting, yakni mengatur lokasi pengimanan. Tentu saja peranan ini butuh keakuratan. Tidak main-main, tugasnya adalah menentukan posisi arah kiblat. Jangan sampai melenceng semiliderajat pun dari Kabah.

Banyak orang meragukan kemampuannya menentukan posisi arah kiblat. Tak jarang orang minta bukti bahwa pengimaman pada masjid yang baru jadi itu benar-benar pas menghadap kiblat.

Sonhaji tidak marah meski kemampuannya diragukan. Ia melobangi dinding pengimaman dan meminta orang yang meremehkan untuk melihat ke dalam lubang. Astaga, orang yang melihat ke dalam lubang ternyata langsung melihat Kabah yang ada di Mekah.

Sejak itu Mbah Sonhaji mendapat julukan Mbah Bolong.

(Kisah terjadi pada abad ke-15: Sunan Ampel wafat tahun 1478)

Tidak ada komentar: