Uang dari Ngeklik

Sabtu, Februari 20, 2010

Eureka, Sejarah / Asal-usul dan Artinya

Kita banyak mendengar kata "Eureka". Sesungguhnya, apa arti Eureka dan bagaimana sejarahnya?

Eureka dipopulerkan oleh ilmuwan Archimedes. Ilmuwan ini terkenal dengan kisahnya saat menemukan rumus menghitung volume benda yang tidak mempunyai bentuk baku.

Kisahnya begini. Mahkota untuk raja Hiero II dibuat. Namun raja ragu apakah mahkota tersebut benar-benar dari emas murni ataukah mengandung perak. Raja Hiero II tidak mempercayai pembuat mahkota tersebut. 

Saat Archimedes berendam dalam bak mandi, dia melihat air dalam bak mandinya tertumpah keluar sebanding dengan besar tubuhnya. Archimedes menyadari bahwa efek ini dapat digunakan untuk menghitung volume dan isi dari mahkota tersebut. Dengan membagi berat mahkota dengan volume air yang dipindahkan, kerapatan dan berat jenis dari mahkota bisa diperoleh.

Berat Jenis mahkota akan lebih rendah daripada berat jenis emas murni apabila pembuat mahkota tersebut berlaku curang dan menambahkan perak ataupun logam dengan berat jenis yang lebih rendah. Karena terlalu gembira dengan penemuannya ini, Archimedes melompat keluar dari bak mandinya, lupa berpakaian terlebih dahulu, berlari keluar ke jalan dan berteriak "EUREKA!" atau '"Saya menemukannya".

Tidak ada komentar: