Tuesday, September 25, 2018

Kisah Unik Penciptaan Lagu Terkenal di Dunia

Banyak kisah yang melatarbelakangi asal-usul dirilisnya lagu-lagu terkenaldi dunia. Seperti apa?

1. Yesterday (The Beatles)

Lagu Yesterday yang terkenal syahdu tersebut memiliki kisah unik di balik penciptaannya. Paul McCartney bermimpi deretan melodi yang sangat jelas. Sehingga, saat terbangun, dirinya langsung menuju ke piano dan memainkan lagu tersebut dengan indahnya.

Namun ia menjadi ragu, apakah inspirasinya berupa mimpi itu karena ia pernah mendengar lagu yang sama di alam nyata. Dia pun selama satu bulan bertanya-tanya apakah lagunya sebetulnya sudah ada yang punya alias jiplakan. Setelah yakin lagu tersebut original, ia pun merilis lagu "Yesterday" di album "Help".


2. Le Freak (Chic)

Dua personel Chic, Nile Rodgers dan Bernard Edwards,hadir di sebuah kelab malam di New York,yakni Studio 54, namun tidak boleh masuk oleh petugas keamanan. Padahal keduanya diundang untuk hadir oleh Grace Jones secara langsung. Hanya saja Grace Jones tidak menginformasikan ke petugas keamanan. Kejadian tersebut membekas di kedua personel. Terciptalah lagu Le Freak oleh Chic.


3. Billie Jean (Michael Jackson)

Lagu ini diciptakan Michael Jackson saat mengemudi. Saking konsentrasinya, ia tak menyadari mobil yang sedang berada di sebuah jalan layang itu terbakar. Namun ada kisah lain di balik pembuatan lagu ini. Yakni Billie Jean adalah ancaman yang didapatkan Michael Jackson saat dituduh menghamili seorang wanita.

4. I Shot the Sheriff (Bob  Marley)
 
Lagu 'I Shot the Sheriff diilhami dari pil KB. Ceritanya Bob Marley sedang mempermasalahkan pil KB dengan kekasihnya. Pil itu diresepkan oleh seorang dokter yang kemudian diubah menjadi Sheriff di lagu tersebut.Kisah itu kemudian memberikan inspirasi kepada musisi lainnya. John Brown, nama sheriff di lagu tersebut dipakai oleh Bob Dylan dan Bruce Springsteen di lagu mereka.

5. White Room  


Setelah dirilis pada 1968, 'White Room' langsung nge-hits. Bahkan para penggemar Cream langsung berspekulasi mengenai makna di balik lagu tersebut.Namun Pete Brown, pencipta lagu itu mengungkapkan 'White Room' hanyalah monolog soal apartemen barunya. Kisah yang tidak penting memang, maka itu ia bingung kenapa lagu tersebut bisa begitu hits.


sumber: detik.com

1 comment:

eddyshaw9272711 said...

It’s laborious to seek out knowledgeable people on this subject, but you sound like you know what you’re speaking about! Thanks slots for real money